Cari Blog Ini

Selasa, 28 Februari 2012

Cara cara menghafal rumus





banyak orang yang bilang kalau kita tidak perlu menghafal rumus tapi cuma mengerti saja, saya tidak setuju tentang pendapat tersebut karena kalau kita mengerti saja tapi tidak hafal elemen apa saja di dalam rumus tersebut maka percuma. tapi kalau kita hafal maka dengan mudah kita dapat mengerjakan soal-soal.
saya akan membagi tips-tips tentang cara menghafal rumus matematika tentunya ini berdasarkan  pengalaman saya sendiri karena saya di wajibkan hafal rumus-rumus tersebut.
pertama pastikan rumus yang sudah kita dapat atau kita butuhkan sudah benar dan merupakan rumus yang paling singkat. karena kalau ada yang lebih singkat dan mudah dimengerti, kita tidak perlu menggunakan rumus yang terlalu panjang.
kedua pahami dengan santai tanpa ada tekanan harus hafal dalam jangka waktu tertentu karena kalau kita merasa ada tekanan untuk harus hafal dalam waktu singkat otak kita cenderung sulit untuk menghafalnya.
ketiga cobalah membandingkan contoh soal-soal yang berisi tentang rumus tersebut karena kita akan mengetahui rumus tersebut bisa di gunakan untuk tipe soal apa saja dan cobalah mengerjakannya.
ke empat ini yang paling penting, sugesti diri anda sendiri bahwa anda bisa, paham dan hafal tentang rumus dan bisa mengerjakan soal-soal yang sejenis nya.
ke lima buat lah catatan kecil tentang rumus tersebut dimana sewaktu-waktu anda butuh atau lupa anda bisa melihatnya.
itulah cara saya menghafalkan rumus-rumus matematika yang jumlahnya banyak sekali. karena otak kita tidak mungkin menghafal rumus-rumus keseluruhan dan bukan cuma matematika saja yang kita hafalkan maka cara tersebut yang saya gunakan untuk menghafal rumus.
semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar